Blogger news

Blog ini dibuat hanya untuk kepuasan dan hiburan semata selain itu untuk memberikan informasi yang berguna maupun tidak berguna yang penting masuk akal. semoga kalian semua terhibur

Senin, 09 November 2015

Cara membuat SKCK di Surabaya 2015

             Hallo para saudara-saudara Jobseeker yang ada di seluruh Indonesia khususnya di Surabaya. Mau berbagi tentang bagaimana cara membuat SKCK kepanjangan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. si SKCK ini cukup penting juga untuk melamar pekerjaan dimana pun, tidak hanya BUMN atau PNS.

              Dan ternyata persyaratannya tidak se-ribet dan se-ruwet yang katanya-katanya harus minta surat pengantar ke RT, ke RW, ke Kelurahan. Ada juga yang katanya bisa langsung ke Kelurahan aja, Ada yang bilang katanya gak usah ke Polrestabes cukup ke polsek aja. Yang jadi penghambat saya males ngurus SKCK ya itu karena harus ke RT, RW, dan Kelurahan. Entah karena emang males riwa-riwinya atau ribetnya itu, atau mungkin kedua-duanya ehehehe ....

             Suatu ketika saya termenung, ingin rasanya membuat SKCK seperti teman-teman pelamar yang lain (ceileeeh .... puitis banget yak) .... langsung pas saat itu aku buka-buka blog eh kok kebetulan ada informasi simpang siur yang beraneka ragam, ya itu tuh katanya-katanya. Dan saya menemukan jawaban yang cocok untuk saya, menurut saya itu kabar yang cukup bahagia pada saat itu... Intinya ada tulisan yang mengatakan untuk memebuat SKCK tidak perlu surat pengantar RT, RW, Kelurahan. Kita langsung aja ke Polrestabes Surabaya membawa FC KSK, FC AKTA KELAHIRAN, FC KTP, Pas Foto 4x6 4lembar Background merah. Langsung tanpa pikir panjang pagi itu juga jam 07.00WIB saya siap-siap untuk ke Polrestabes walaupun gak tau tempatnya yang penting siap-siap dulu. 

Dan Inilah ceritaku membuat SKCK dimulai .......................................................................

         Surabaya, Senin 09 November 2015. Dengan penasaran tanpa memperdulikan katanya-katanya Saya langsung berangkat ke Polrestabes Surabaya (Alamatnya : JL. Sikatan No. 1, Jl. Jembatan Merah, Jawa Timur). Yang saya bawa saat itu dompet beserta isinya, 1 buah handphone, tissue, bolpoin tinta hitam DAN YANG PALING PENTING yang kalian bawa (DAN HANYA) yaitu :

1. Foto Copy KTP  (1lembar)
2. Foto Copy Kartu Keluarga (1lembar)
3. Foto Copy Akta Kelahiran (1lembar)
4. Pas Foto terbaru 4x6 Background Merah (4lembar)
5. Uang 10.000 rupiah (administrasi), 5000 rupiah (untuk               Fotocopy dan legaliris SKCK 5lembar) dan 2000 rupiah             untuk parkir)
TANPA SURAT PENGANTAR BLA BLA BLA .....

           Singkat cerita, saat itu saya sudah di dalam ruangan untuk pembuatan SKCK (Bisa tanya satpam sebelumnya, dimana ruang ingin membuat SKCK). Ruangannya dingin ber-AC, apalagi diluar cuaca Surabaya lagi panas membara, kerasan banget pokoknya ehehehe...... Antrian belum begitu panjang hanya ada 3orang saja termasuk saya , mungkin karena masih pagi (waktu itu sekitar jam 10). Lalu saya bertemu bapak-bapak di loket dan ditanya :
Pak : "Ada keperluan apa mbak ?"
Saya : "Mau buat SKCK Pak"
Pak : "Suadah bawa persyaratan lengkap?"
Saya : "Apa saja Pak?" (Saya tanyakan lagi untuk lebih meyakinkan)
Pak : "KK, KTP, AKTA, sama foto terbaru 4x6, sekarang background merah"
Saya : "Insha Allah lengkap Pak" (Ah senangnya ternyata betul gak pakai surat pengantar)
(Saya dikasi Formulir)
Pak : " Ini mbak isi dulu, kalau sudah langsung ke ruangan yang ada di seberang sana untuk Cap jari,             kalau sudah kembali lagi ke sini"
Saya : " Oh iya Pak Terimakasih"

          Langsung saya isi dan yang bikin males pertanyaannya banyak dan diulang-ulang. Itu yang bikin lama, tapi gak masalah karena ruangannya nyaman ber-AC dan masih sepi jadi sekalian ngadem. 

Formulir yang dikasih pertama kali

            Setelah sekitar 15menit selesai mengisi formulir saya langsung ke ruangan seberang, disana ada bapak-bapak dan ditanya :
Pak2 : "Bawa pas foto mbak?"
Saya : "Iya Pak saya bawa"
Pak2 : yasudah isi ini dulu di luar kalau sudah kesini lagi untuk cap jari"
Saya : " Baik Pak terimakasih"

Lalu saya mengisi diluar di atas meja yang sudah disediakan, seperti ini contohnya :



             Lalu  masuk lagi dan langsung cap 10jari (Siapkan foto 2 lembar). Setelah itu kita disuruh cuci tangan supaya tinta itangan kita gak mengotori dokumen yang lain. Saya kembali lagi ke ruangan pertama dengan membawa kembali formulir yang diberikan tadi, ke loket dan ngasih persyaratan yang di butuhkan tadi ( fc KK, fc KTP, fc AKTA, Foto 4x6 2lembar dan uang administrasi 10.000 rupiah) lalu ditanya lagi :
Pak : "Ini tujuannya untuk apa Mbak ? Nglamar kerja, atau BUMN atau PNS ?
Saya : "untuk melamar pekerjaan aja pak, secara umum"
Pak : "Saya tulis untuk melamar pekerjaan aja ya?"
Saya : "Iya Pak gitu aja"

               Setelah itu disuruh menunggu (gak masalah suruh nunggu kalau ruangan ber-AC ehehe) dan alhamdulillah-nya masih bisa ditunggu biasanya sampai ada yang 2hari baru bisa diambil, mungkin karena rame. Semakin siang semakin rame yang mau buat SKCK, jadi buat kalian yang ingin buat SKCK pagi aja lebih baik, Polrestabes Surabaya buka pukul 08.00 WIB.

                Sekitar 10menit nama saya di panggil, dan ............ TARAAAAAAAAAT .............

                 Terciptalah SKCK saya untuk pertama kali. Langsung saya minta legalisir ditempat itu juga sebanyak 5lembar (pokoknya selembarnya dihargai 1000 rupiah). Alhamdulillah saya pulang dengan hati riang gembira walaupun panas-panas tapi ada hasil.

Sekian, semoga membantu :)


8 komentar:

  1. Gak pake surat pengantar kan ya mbak? takutnya ntar jauh" kesana pake-__-

    BalasHapus
  2. Polres surabaya klo hr sabtu bisa g ya bikin skck

    BalasHapus
  3. Di polwiltabes Surabaya beneran ga pake surat pengantar kan? Saya terpaksa harus balik dari Jakarta ke Surabaya hanya untuk bikin SKCK nih. Gamau ribet2 lagi bikin pengantar dari RT, RW, atau Kelurahan

    BalasHapus
  4. ada jangka waktunya enggk mbk mksdnya buat berapa bulan . makasih

    BalasHapus
  5. Jika tidak memiliki akta kelahiran bisa gk ?

    BalasHapus
  6. Adjie Nugroho : Kalau pengalaman saya di polres surabaya tidak pakai pengantar mas

    Unknown : kalau tidak salah masih melayani mas tapi setengah hari

    Aulia : Pengalaman saya tidak pakai surat pengantar Mbak, silahkan coba

    Ryan Wahyu : jangka waktu setengah tahun atau 6 bulan mas, semoga membantu.

    Nur Cahyo Wibowo : Terimakasih atas dukungannya Bapak :)

    Tengku ai : sepertinya harus mas, langsung saja tanyakan ke polres hehe ...



    BalasHapus

Follow Me